>Generasi Ghuroba..

>

Rasulullah saw bersabda (yang artinya), “Sesungguhnya Islam pertama kali muncul dalam keadaaan asing dan nanti akan kembali asing sebagaimana semula. Maka berbahagialah orang-orang yang asing (alghuroba’).”(hadits shahih riwayat Muslim)

“Berbahagialah orang-orang yang asing (alghuroba’). (Mereka adalah) orang-orang shalih yang berada di tengah orang-orang yang berperangai buruk. Dan orang yang memusuhinya lebih banyak daripada yang mengikuti mereka.“(hadits shahih riwayat Ahmad)

“Berbahagialah orang-orang yang asing (alghuroba’). Yaitu mereka yang mengadakan perbaikan (ishlah) ketika manusia rusak.“(hadits shahih riwayat Abu Amr Ad Dani dan Al Ajurry)

Ghuroba bersal dari kata ‘ghurbah’. Kata ghurbah terpecah menjadi tiga golongan huruf yakni ghain, ra’dan ba’.

Kata ghurbah memiliki beberapa pengertian :

1. An-nawa wal bu’du (kejauhan dan menjauh)
2. An-nuzuhu ‘anil wathan wal ightirab (mengasingkan diri dan mengungsi dari tanah air).
3. Al-gharib (orang asing).
4. Al-ghumudhu wal khafa’u wa ‘adamusy syuhrati (kesamaran, tersembunyi dan tidak popular).
5. Adz-dzihabu wat tanahhi ‘aninnasi (menghindar dan berpaling dari orang lain).

Menjadi bagian generasi ghuroba adalah mimpi,harapan dan cita2.Karena jumlah generasi ghuroba tu sedikit lho.Jadi beruntunglah klo bisa menjadi bagian generasi ghuroba.Biar jumlahnya sedikit tapiiiii kualitasnya beribu2 kali lipat (agak berlebihan kali yach..?!). Karena generasi ghuroba mempunyai kemauan dan kemampuan untuk mengadakan perbaikan di antara orang2 banyak merusak.Kerusakan yang terjadi tidak hanya kerusakan di hutan aza lho tapi sampe kerusakan moral (jauh dari nilai2 Islam).

Nah, peran dan kehadiran dari generasi ghuroba sangat dinanti2kan,dielu2kan,diharapkan oleh umat lho.Tapi..eitss..jangan dulu ngerasa jadi bagian dari generasi ghuroba akan bisa terkenal,punya banyak uang plus rekening di berbagai bank ,rumah gedong bertingkat2,mobil2 pribadi berjejer di bagasi,tiap hari makan makanan bintang lima dan ketika kita hadir di tengah2 masyarakat diminta tanda tangannya (artis mendadak kali yee..).Kehidupan generasi ghuroba jauh dari kemewahan,sangat sederhana,selalu merasa cukup dengan apa yang ada,banyak orang yang ga suka kepadanya,mungkin sampe ada yang bilang gila kali yaa (wah..keterlaluan juga klo ampe begitu),ada juga yang bilang aneh/frick,dan lain2nya.

Jangan dulu down untuk ga jadi generasi ghuroba.Biar selalu dihadapi dengan ujian dan hambatan di kehidupannya karena senantiasa mengadakan perbaikan namun hati dan jiwa2 mereka sangat damai dan tenang sekali.Karena mereka senantiasa yakin bahwa Allah SWT selalu bersama dan membantu mereka.Beruntung dech bila bisa menjadi generasi ghuroba karena ada kebahagiaan hakiki yang telah Allah SWT siapkan untuk mereka.

Apa sich yang harus dibanggain dengan dunia ini ??!? Kalo kiamat aza nanti seluruh alam semesta beserta isinya termasuk bumi pasti akan hancur sehancur2nya.Kecuali ada tuch tempat yang ga bakal hancur yaitu Syurga dan Neraka.Tempat2 itu bukan khyalan atau cerita dongeng atau fatamorgana tapi merupakan tempat kehidupan yang abadi.Di sana sich ga da kuburan dan rumah sakit (he..he..).Pokoknya syurga dan neraka adalah sebenar-benarnya tempat tinggal kita.Jadi dunia ni cuma senda gurau dan permainan belaka (fana dech..).

Kalo di syurga tuch selalu dipenuhi kebahagiaan dan kesejahteraan dech.Melebihi kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia.Ga da tuch yang namanya orang miskin,peminta2 atau bahkan mafia hukum (he..he..).Di sana tuch banyak sekali sungai2 dan taman2 (coba diliat lagi Al Qur an terjemahannya).Di sana juga ga da rasa susah,sedih,pilu,ketidak-adilan dll (dan lain2nya lupa..he..he..).Yang jelas Syurga tempat kembali dan tempat tinggal yang paling is the best dech.Nyesel banged yach klo ada orang yang rela ga mesen di hatinya biar bisa dapat syurga.Trus..jangan cuma pengen syurga aza tetapi ada syaratnya biar nyampe ke sana.Syarat2na da di Al Qur an dan Al Hadist pokoknya coba ditadabburi dech..

Kalo di Neraka selalu dipenuhi dengan siksaan dan penderitaan.Melebihi siksaan dan penderitaan yang kita pernah rasakan di dunia.Ga da absen dari siksaan tu dech.Kalo da yang nyoba  cabut  atau bolos dari neraka juga ga bisa dech(penjagaan amat sangat ketat).Bayangkan kita ga pernah di beri waktu libur atau jam istirahat dari yang namanya siksaan dan penderitaan.Tiap detik selalu disiksa..tapi disana ga da kata wafat lagi.Jadi kita akan terus selama2nya disiksa dan menderita (memang ada yang mw..?).Di sana sich juga dikasih makanan,minuman,pakaian dan tempat juga tapi gaaa wenakkk dech.Bayangin aza ada minuman yang namanya nanah, makanannya bara api neraka, pakaiannya juga panas (ga nyaman dech..) trus da di tempat yang panasnya sangat amat panas sekali dech (ga bisa diungkapkan dengan kata2).

Untuk lebih jelasnya tentang kehidupan syurga dan neraka kita bisa dengan cara membuka lagi surat cinta Allah SWT yaitu Al Qur an plus Al Hadist.Eiitsss..ga cukup dibuka tapi dibaca ayat2nya plus terjemahannya,dipahami/ditadabburi, dan diamalkan atau dipraktekin dech dalam kehidupan sehari2..

About Vandi Al-faqir

saya adalah seorang lajang yang ingin meniti karir saya untuk saya bisa memberi ekonomi yang cukup buat keluarga saya kelak..
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s